ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), Perpustakaan Umum Tersembunyi di Pusat Kota!


Dengan terus berkembangnya zaman secara global, pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan. Banyak cara yang dapat kita capai dalam memperoleh sebuah pendidikan. Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan kita dapat memperoleh berbagai macam sumber informasi dan juga manfaat lainnya. Ketika mendengar kata “perpustakaan” pasti mindset kita langsung terbayang akan deretan buku-buku yang tersusun rapi di dalam rak pada sebuah ruangan. Pendapat ini kelihatannya memang benar, tetapi pemahaman itu belum tentu sepenuhnya benar. Karena apa? Karena deretan buku yang diatur di rak pada sebuah toko buku tidak dapat disebut sebagai sebuah perpustakaan. Jadi apa sih definisi perpustakaan yang sebenarnya?
Perpustakaan
Gedung Perpustakaan

Menurut bapak Sulistyo Basuki perpustakaan diartikan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual (Sulistyo Basuki ; 1991). Ada dua unsur utama dalam perpustakaan, yaitu buku dan ruangan. Namun, di zaman sekarang, koleksi sebuah perpustakaan tidak lagi hanya terbatas berupa buku-buku, tetapi juga bisa berupa bentuk film, slide, atau lainnya, yang dapat diterima di perpustakaan sebagai sumber informasi. Kemudian semua sumber informasi itu diorganisir dan disusun secara teratur, sehingga ketika kita membutuhkan suatu informasi, kita dengan mudah dapat menemukannya. Dengan menganalisas pemahaman tersebut, dapat kita simpulkan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi. Nah kali ini aku mau ngasih tau ke kalian semua kalau ada loh perpustakaan umum yang letaknya belum banyak diketahui masyarakat umum, mau tau perpustakaan apa itu? Yuk simak pembahasan dibawah in!

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC)
ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC)
ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC)
Yap, ini adalah ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC) yang letaknya berada di lantai 1 Gedung Sekretariat ASEAN No. 70A Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan 12110. ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC) dibentuk ketika Sekretariat ASEAN dibentuk pada Juni 1976 dan mulai beroperasi pada April 1977. The ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC)/Pusat Sumber Daya Sekretariat ASEAN kemudian didirikan pada 1 November 2006 yang diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Ong Keng Yong. ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC) terdiri dari dua bagian utama, yaitu Perpustakaan dan Arsip. ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC) sendiri tentunya memiliki visi dan misi, diantaranya yaitu Visi : Pada tahun 2015, akan menjadi pusat saraf dari Komunitas ASEAN yang kuat dan percaya diri yang dihormati secara global karena bertindak sepenuhnya sesuai dengan Piagam dan kepentingan terbaik rakyatnya. Misi : Memulai, memfasilitasi dan mengoordinasikan kolaborasi pemangku kepentingan ASEAN dalam mewujudkan tujuan dan prinsip ASEAN sebagaimana tercermin dalam Piagam ASEAN. 

Adapun tugas-tugas dari ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC) yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu pada perpustakaan adalah menyimpan buku (publikasi Sekretariat ASEAN dan lainnya), jurnal, majalah, surat kabar, dan materi audio visual yang relevan dengan ASEAN. Dengan fokus pada ASEAN, koleksi ini mencakup berbagai masalah, mulai dari pembangunan sosial, ekonomi, sains dan teknologi, perdagangan, politik, hubungan luar negeri, populasi dan budaya. Sedangkan pada pusat arsip bertindak sebagai penjaga Perjanjian ASEAN, Perjanjian, Instrumen, Nota Kesepahaman, dll. Serta rumah-rumah yang diklasifikasikan sebagai laporan Pertemuan ASEAN. Karena sifat dokumen-dokumen ini, laporan Pertemuan ASEAN dan dokumen asli Perjanjian ASEAN, Perjanjian, Instrumen, MoU, dibatasi dan hanya dapat diakses oleh staf Sekretariat ASEAN.

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC) 1
Salah Satu Sudut dari ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC)
Di ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), pengguna publik hanya dapat mengakses dokumen salinan Perjanjian ASEAN, Perjanjian, Instrumen, MoU. Pengguna publik juga dapat mengakses informasi tentang ASEAN Legal Instruments melalui link ini: ASEAN Legal Instruments, untuk informasi lebih lanjut mengenai instrumen, Anda dapat menghubungi rekan Layanan Hukum ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC) pada nomor : (62-21) 7262991 ext.  192 or 260. Atau pada e-mail : ResourceCentre@asean.org.

Ada pun layanan yang diberikan oleh ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), diantaranya: 
  • Perpustakaan terbuka untuk Publik. 
  • Perpustakaan menyediakan Akses internet / Wi-Fi tersedia. 
  • Layanan fotocopy bagi pemustaka jika membutuhkan untuk membaca di rumah. 
LayananFotocopy
Layanan Fotocopy pada ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC)

Untuk peminjaman koleksi pada ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), koleksi yang disediakan hanya dapat dibaca di tempat dan tidak untuk dipinjamkan, mereka pun menyediakan alat fotokopi jika kalian ingin membaca di rumah. Perpustakaan ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC) terbuka untuk umum dengan jam operasional setiap hari Senin sampai hari Jumat mulai dari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB, dan tutup pada hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional. Sumber Pengadaan koleksi pada ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), didapatkan melalui:
  • Pembelian 
  • Pemberian 
  • File-file perjanjian 
  • Dokumentasi Kegiatan Secreatariat Asean
Untuk sitem pengelolaan koleksi pada ASEAN Secretariat Resource Centre(ARC), Diatur dengan menggunakan sistem klasifikasi dasarnya menggunakan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) yang telah dilakukan adaptasi untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pada Perpustakaan ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC). Berikut adalah link Katalog ASEAN Secretariat Resource Centre(ARC).
Katalog ASEAN Secretariat Resource Centre(ARC)
Bentuk Katalog ASEAN Secretariat Resource Centre(ARC)

Sistem penyimpanan koleksi ASEAN Secretariat Resource Centre(ARC):
 
  • Digital 
     Foto-foto hasil dokumentasi kegiatan ASEAN, video, berkas-berkas perjanjian disimpan dalam bentuk soft copy pada database 
  • Fisik
  1. Ruangan khusus berpintu besi dengan AC 24 jam bersuhu ruangan 16º c
  2. Foto-foto disimpan dalam amplop acid free disimpan pada filing box  
  3. Kaset dan CD disimpan dilemari ataupun box-box

          Sistem pelayanan pada ASEAN Secretariat Resource Centre(ARC): 
          • ASEAN Secretariat Resource Center
            System Open Access untuk koleksi – koleksi di perpustakaannya, dimana pemustaka bebas mencari sendiri bahan koleksi yang dibutuhkan.
          • The Archeive
            System Close Acces, yaitu tidak semua orang dapat bebas mengakses koleksi tersebut.
          Dokumentasi Pribadi
          Dokumentasi Pribadi dengan Pustakawan ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC)

          ARC - ASEAN Secretariat Resource Centre

          Opening hours : Monday - Friday | 09.00 - 16.30

          Closed on Saturdays, Sundays and Public Holidays

          Contact at ( 62-21 ) 7262991 ext. 260 or 192


          Comments

          1. halo kak , saya rencana awal bulan depan mau berkunjung ke perpustakan Sekretariat Asean, saya seorang mahasiswa, Apakah perpustakaan ini benar-benar terbuka u / umum ya ? dan syarat u masuk nya seperti apa ya kak ? Terimakasih.......

            ReplyDelete

          Post a Comment

          Popular posts from this blog

          Masker Alami Untuk Atasi ‘Jutaan’ Masalah Kulit di Wajah!

          Layanan di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Membuat Para Pengunjung Senang!