Kafe Kopi Rasa Perpustakaan, Asyiknya Ngopi Sambil Baca Buku


Apa yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata “perpustakaan”? Hmm... tempat yang membosankan, sepi, dan kurang seru? Yap, sejatinya perpustakaan merupakan sebuah tempat yang menyediakan sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Selain itu, perpustakaan juga dapat menjadi tempat yang menghibur bagi mereka yang gemar akan membaca. Rendahnya minat baca dikalangan masyarakat Indonesia salah satunya disebabkan oleh bentuk perpustakaan yang monoton dan kurang inovatif. Hal ini menyebabkan citra dari perpustakaan sendiri yang identik dengan keseriusan, suasana tenang, dan membosankan sehingga masyarakat enggan berkunjung ke perpustakaan. Namun sekarang sudah banyak kalangan masyarakat di Indonesia yang sadar akan pentingnya fungsi dari perpustakaan, salah satu caranya dengan menghadirkan perpustakaan yang berkonsep kafe kopi. Perpustakaan dengan konsep kafe kopi adalah perputakaan yang sangat fleksibel dan didesain sesantai mungkin dengan kombinasi kafe didalamnya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kafe dengan kopi yang enak sudah menjamur di tanah air. Di setiap kota besar dan kecil, tidak susah untuk menemukan kafe yang menjual kopi enak khas daerahnya. Namun, belum banyak yang menyatukan kafe dengan perpustakaan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kafe kopi rasa perpustakaan yang wajib dikunjungi bagi pencinta buku dan pencinta kopi!

The Reading Room, Jakarta
ReadingRoom
Photo Source: travel.tribunnews.com
The Reading Room merupakan ruang membaca yang cukup unik dan menarik. Tempat ini tak ubahnya sebuah perpustakaan yang memiliki ribuan buku didalam rak-rak atau lemari didalamnya. Berdiri sejak 5 tahun lalu, kafe ini seperti sebuah surga bagi para pecinta buku. Berbagai jenis buku ada disini, mulai dari fiksi, ilmiah, biografi, novel hingga karya sastra yang semuanya berbahasa Inggris. Kita dapat bebas memilih buku apa saja yang disuka, lalu membacanya sambil menikmati beberapa pilihan menu yang ada. Berlokasi di daerah Kemang Timur, kafe ini nampak begitu tenang dan nyaman. Ruang pada Reading Room terbagi kedalam dua jenis, smoking dan no smoking. Pada lantai bawah merupakan area bebas asap rokok dan naik ke lantai atas merupakan smoking area. Di Reading Room para pengunjung bisa melihat dan membaca koleksi buku dari sang pemilik Reading Room, yaitu Richard Oh.  Reading Room jadi semakin seru karena makanan dan minuman yang ditawarkan terasa begitu enak plus kegiatan literasi yang hidup. Banyak klub buku yang sering membuat acara disini. Dan bagi kalian si penggila film juga akan suka dengan Reading Room. Sebab, Reading Room memiliki mini theatre untuk screening film-film festival, atau sekedar untuk nonton bersama dengan teman-teman yang memiliki kapasitas hingga  20 orang.
ReadingRoom1
Photo Source: magazine.job-like.com
Jika kalian ingin meminjam buku, kalian harus membawa kartu identitas terlebih dulu untuk di data. Kafe ini juga menyediakan kopi untuk teman baca buku kalian, seperti  Americano, Latte, Cappuccino, Affogato, Ice Ginger Coffee hingga Kopi Tarik dan untuk makanan ringannya kalian dapat memesan roti bakar, pisang goreng, pancake, waffle, calamari, chicken wing, maupun makaroni panggang.

Location         : Jl. Kemang Timur Raya No. 57A, Kemang, Jakarta Selatan

Opening Hours : - Monday to Friday: 10:00 – 24:00 WIB

                        - Saturday to Sunday: 10:00 – 02:00 WIB

Average Cost  : Rp160.000 for two people (approx.)

RSVP             : 0858-8054-0162

Instagram      : @ReadingRoomJkt


Blanco Coffee & Books, Yogyakarta
BlancoCoffee
Photo Source: bonvoyagejogja.com
Blanco Coffee & Books bisa dibilang sebagai salah satu kafe paling lengkap yang ada di Jogja. Mulai dari wifi yang kencang, kopi berkualitas yang disajikan dengan latte art yang cantik, suasana kafe yang nyaman, berderet-deret buku dari berbagai bahasa, hingga tempatnya yang instagram-able banget. Letaknya cukup dekat dengan pusat kota, tepatnya berada di belakang pasar Kranggan. Lokasinya yang berada di sisi kiri jalan dengan desain kafe minimalis berwarna hitam yang didominasi oleh kaca. Buku – buku yang dipajang di Blanco Coffee & Books pun tentu bukan hanya hiasan belaka. Melainkan sebagai sarana penunjang bagi kalian yang sedang mengerjakan tugas atau menyelesaikan deadline. Buku yang ada menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, Belanda, Perancis, dan sebagainya. Bisa juga untuk sekedar dibaca sebagai teman minum kopi. Desain interior Blanco Coffee & Books bergaya ala kafe Eropa dengan berbagai spot cantik untuk anda yang gemar berfoto. Kopi dan aneka menu yang disajikan pun sangat photogenic. Sangat cocok bagi anda yang ingin nongkrong, tapi tetap bisa eksis.
BlancoCoffee1
Photo Source: bonvoyagejogja.com
Blanco Coffee & Books tidak menyajikan kopi selain kopi dari biji bermutu tinggi. Latte art dari berbagai macam bentuk, seperti hati, daun, bunga, bahkan ayam ini dibuat dengan perlahan dan rapi. Berbagai macam kopi dengan rentang harga sekitar 18 ribu hingga 30 ribu bisa didapatkan, seperti Espresso, Macchiato, Piccolo, Affogato, Americano, Cappuccino, Frapuccino, The Hemingway, Flemings Vanilla, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa menikmati snack dan menu makanan dengan harga terjangkau di Blanco Coffee & Books. Mulai dari 16 ribu hingga 25 ribu, anda sudah dapat menikmati menu seperti Croissant, Apple Slipper, Almond Pie, Calamari, Strawberry Muesli, Nachos, Sandwich, Hungarian Pastry, dan Creme Brulee.

Location          : Jl. Kranggan No. 30, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Opening Hours : - Monday to Thursday: 07:00 – 01:00 WIB

                         - Friday to Saturday: 13:00 – 01:00 WIB

                         - Sunday: Closed

Average Cost   : Rp120.000 for two people (approx.)

RSVP               : +62 274 2923354

Instagram        : @blancoyk


Rumah Buku Kineruku, Bandung
Kineraku
Photo Source: satyawinnie.com
Bandung adalah surganya kafe gaul dengan berbagai tema. Dari kafe bertema gua hingga restoran yang berada di pinggir sungai, semua bisa kamu temukan di Kota Kembang. Tempat ngopi yang dilengkapi dengan perpustakaan juga ada, yaitu Rumah Buku Kineruku yang berlokasi di Jalan Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Cidadap, Bandung. Kineruku merupakan perpustakaan yang pada awalnya bernama Rumah Buku yang berdiri sejak 29 Maret 2003. Melihat kurangnya akses publik terhadap sumber informasi, salah satu pendiri Kinerukku memutuskan untuk membuka perpustakaan rumahan di rumah peninggalan kakeknya. Namun, bukan seperti perpustakaan pada umumnya, Kineruku justru dibuat dengan konsep berbeda, homey, yang dilengkapi dengan berbagai pilihan buku, CD, film dan juga kafe yang dibuat dalam satu area. Jadi, pengunjung dapat membaca buku dengan senyaman mungkin di Kineruku ini. Nama Kineruku sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu “kine” dan “ruku”. “Kine” diambil dari kata cinematic yang berarti “sinematik” dan “ruku” diambil dari singkatan “Rumah Buku”. Jadi, bisa dibilang, Kineruku ini adalah perpaduan antara perpustakaan dan dunia sinematik. Kineruku memiliki berbagai macam bentuk koleksi sebanyak kurang lebihnya 4000 judul buku, 1000 CD musik dan 1000 judul film yang tertata rapih di antara rak-rak kayunya. Buku-buku yang tersedia di Kineruku cukup beragam, ada sastra, filsafat, seni, arsitektur dan masih banyak lagi. Kalian bahkan bisa meminjam dan membawa pulang buku, hanya dengan menjadi membernya.
Kineraku1
Photo Source: shopback.co.id
Kineruku juga dihiasi dengan kursi yang nyaman di tengah taman yang asri. Di sana juga tersedia kafe di mana kamu bisa memesan makanan dan minuman untuk menemani kegiatan membacamu. Untuk menyantap makan siang atau sekedar ngopi-ngopi sambil membaca buku juga bisa. Diantara aktivitasnya sebagai perpustakaan sembari menyajikan beberapa menu yang telah menjadi favorit bagi pengunjung rutinnya, Kineruku juga cukup aktif dalam menggelar berbagai kegiatan. Dikurasi dan dikonsep berdasar pada selera personal para pengelolanya, tak jarang acara bikinan Kineruku dipenuhi pengunjung dan meninggalkan kesan tersendiri. Ke depan, Kineruku berkeinginan untuk semakin optimal dalam menyempurnakan segala aktivitasnya, terutama untuk mengangkat kembali misi utama mereka; ajakan untuk membaca. Telah direncanakan penambahan ruang baca plus koleksi untuk mengisi rak-raknya. Sambil mengelola toko vintage Garasi Opa yang berada tepat disamping perpustakaan, ada beberapa rencana yang disiapkan untuk mengisi agenda yang akan datang, salah satunya adalah untuk membuat penerbitan.

Location          : Jl. Hegarmanah No. 52 Hegarmanah,Cidadap, Bandung

Opening Hours : - Sunday: 11:00 – 18:00 WIB

                         - Mon, Wed, Thu, Fri, Sat: 10:00 – 20:00 WIB

                         - Tuesday: Closed

Average Cost   : Rp100.000 for two people (approx.)

RSVP              : (022) 203-9615

Instagram       : @kineruku


The Library Coffee Kitchen and Bar, Malang
TheLibrary1
Photo Source: travelingyuk.com
Malang adalah kota dengan beragam daya tarik, mulai dari pelajar, wisata, maupun dengan kulinernya. Sudah tidak di ragukan lagi kuliner di Malang sangatlah beragam, mulai dari jajanan hingga makanan berat, dari yang lokal, tradisional sampai khas luar negeri seperti Western, Europe, Japanese, dan Korean. The Library Coffee Kitchen and Bar berlokasi di samping Hutan Kota Malabar, lebih tepatnya di Jl. Baluran No 2, Oro-Oro Dowo, Klojen. Café yang menyajikan konsep green di wilayah outdoor dan suasana cozy western di bagian indoor ini menyediakan buku-buku bacaan yang diperuntukkan kepada pengunjung. Koleksi buku yang disediakan The Library Coffee Kitchen and Bar ini bebas untuk dibaca, akan tetapi pengunjung tidak dapat dipinjam dan dibawa pulang. Nama ‘The Library’ diambil dari kecintaan sang owner, Pak Fredrick, terhadap kopi. Beliau termotivasi untuk membuka café yang menyediakan berbagai jenis kopi dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu, The Library muncul sebagai nama yang menggambarkan sebuah café dengan banyak koleksi kopi atau lebih tepatnya ‘Perpustakaan Kopi’.
TheLibrary
Photo Source: ranselperi.com
Café yang berdiri di Malang sejak Februari 2017 ini menyediakan varian menu western yang super lengkap, ada lebih dari 50 menu western dan menu kopi yang tersedia. Beberapa menu andalannya adalah Pizza with Black Dough dan King George Burger. Lalu minuman best seller-nya ada Coffee Latte dan Granitas Leci Mango.  Pizza with Black Dough adalah sebuah pizza dengan adonan berwarna hitam karena di adonannya mengandung charcoal yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Pizza ini dapat diisi dengan berbagai topping sesuai keinginanmu, mulai dari mushroom, pepperoni, sampai dengan topping vegetarian. Sausnya pun beragam, kalian bisa memilih sesuai dengan apa yang kamu inginkan, seperti misalnya saus BBQ. Jika memang kalian adalah pecinta kopi, The Library tidak akan mengecewakanmu dengan berbagai macam jenis kopinya. Dan jika kalian membutuhkan tempat yang tidak hanya sekedar untuk makan, The Library akan menemanimu bersantai dengan suasana yang nyaman serta buku-buku yang menarik untuk dibaca.

Location          : Jl. Guntur No.23, Oro-oro Dowo, Klojen, Malang

Opening Hours : - Monday to Friday: 08:00 – 23:00 WIB

                         - Saturday to Sunday: 08:00 – 24:00 WIB

Average Cost   : Rp150.000 for two people (approx.)

RSVP               : (0341) 355 487

Instagram        : @thelibrary.malang


Comments

  1. Wah mantap nih buat yang suka baca buku sambil makan, thanks you yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa cocok banget deh emg:) Makasih sudah berkunjung kak

      Delete
  2. Replies
    1. Mantap kan kak? Gak ada alasan lagi dh buat rajin baca buku:)

      Delete
  3. Replies
    1. Boleh banget pastinya kak. makasih kak udah berkunjung:)

      Delete
  4. CROWNQQ I AGEN BANDARQ I BANDARQ ONLINE I ADUQ ONLINE I DOMINOQQ TERBAIK

    Yuk Buruan ikutan bermain di website crownqq

    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...

    8 permainan :
    => Poker
    => Bandar Poker
    => Domino99
    => BandarQ
    => AduQ
    => Sakong
    => Capsa Susun
    => Bandar 66 (NEW GAME)

    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 8 Permainan Menarik

    Ayo gabung sekarang juga hanya dengan
    mengklick daftar crownqq

    Link Resmi CrownQQ:
    RATUAJAIB.COM
    RATUAJAIB.NET
    RATUAJAIB.ORG
    RATUAJAIB.INFO

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI:
    BLOG ARTIKEL
    CROWNWIN
    CERITA DEWASA

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    WHATSAPP : +855882357563
    LINE : CS CROWNQQ
    TELEGRAM : +855882357563

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masker Alami Untuk Atasi ‘Jutaan’ Masalah Kulit di Wajah!

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), Perpustakaan Umum Tersembunyi di Pusat Kota!

Layanan di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Membuat Para Pengunjung Senang!