Layanan di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Membuat Para Pengunjung Senang!

Perpustakaan mempunyai tugas merencanakan pengembangan kepustakaan dan pustakawan, mengadakan dan memberikan pelayanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mengadakan kerjasama antar perpustakaan, mengendalikan, mengevaluasi serta menyusun laporan kepustakaan. Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sendiri mempunyai fungsi, yaitu : penyusunan konsep rencana dan program kerja, perencanaan pengembangan kepustakaan, pelaksanaan pelayanan referensi, pemeliharaan bahan pustaka, pelaksanaan katalogisasi, pelaksanaan tata usaha perpustakaan, pelaksanaan administrasi perpustakaan, penyusunan bibliografi - indek dan sejenisnya, pengendalian dan pengevaluasian serta penyusunan laporan kepustakaan, pelaksanaan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan.

PUUINJKT0
Photo Source : ciyaciyo.blogspot.com

Perpustakaan Utama berfungsi melayani mahasiswa, dosen, karyawan dan masyarakat umum dalam menyediakan bahan bacaan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan penelitian ilmiah dan lainnya. Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terdiri dari tujuh lantai, dilengkapi dengan ruang komputer dan menggunakan pelayanan dengan sistem online melalui komputer, serta menggunakan fasilitas multi media yang prima. Adapun beberapa layanan-layanan yang diberikan oleh perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, diantaranya adalah:

Layanan Sirkulasi
Layanan ini meliputi kegiatan peminjaman, pemesanan, dan pengembalian buku-buku (koleksi umum dan koleksi islam) yang telah disediakan oleh perpustakaan untuk dapat dipinjamkan (dibawa pulang). Adapun kebijakan layanan sirkulasi pada Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu:
  • Anggota berhak meminjam koleksi (koleksi buku). 
  • Jumlah pinjaman maksimal 4 (empat) buku. 
  • Lama pinjaman selama satu minggu. 
  • Perpanjangan koleksi maksimal 2 (dua) kali perpanjangan. 
  • Pemesanan koleksi dilakukan petugas bagian sirkulasi 
  • Denda koleksi Rp.500/buku

Layanan Referensi (Rujukan)
Layanan referensi adalah layanan bimbingan rujukan pada sumber-sumber referensi seperti sumber biografi, bibliografi, sumber geografi, indeks, abstrak, direktori, kamus, ensiklopedia, almanak, dan sumber-sumber referens lainnya. Koleksi referensi tidak boleh dipinjamkan melainkan hanya boleh dibaca ditempat dan bagi anggota yang sangat membutuhkan diperbolehkan meminjam koleksi referensi tersebut untuk difotokopi dalam waktu 1 jam, dengan syarat sebagai berikut:
  • Mengisi formulir yang disediakan 
  • Meninggalkan kartu anggota/kartu identitas yang masih berlaku

Layanan Literasi Informasi
Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan pendidikan pemakai (literasi Informasi) yang dilakukan pada awal tahun akademik atau penerimaan mahasiswa baru. sosialisasi informasi perpustakaan untuk transfer knowledge kepada mahasiswa baru dan dimaksudkan untuk memberikan layanan bimbingan pemakai ke sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan agar pengguna memiliki keahlian dan ketrampilan didalam mengakses dan menelusur sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh perpustakaan. Adapun kebijakan layanan literasi informasi pada Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu:
  • Mahasiswa baru diwajibkan mengikuti literasi informasi. 
  • Keanggotaan hanya diberikan kepada mahasiswa baru yang sudah mengikuti literasi informasi. 
  • Mahasiswa baru yang tidak mengikuti literasi informasi tidak berhak menjadi anggota perpustakaan dan diharuskan mengikutinya tahun depan. 
  • Kegiatan literasi informasi tidak dipungut biaya

Layanan Penelusuran Katalog
Layanan yang diberikan petugas bagian sirkulasi dalam membantu mensosialisasikan penempatan koleksi, menggunakan sistem katalog, menemukan informasi koleksi yang dicari pemustaka melalui sistem komputer. Cantuman informasi atau deskripsi bibliografi yang termuat dalam katalog OPAC (Online Public Access Catalog) ini terdiri dari judul, pengarang (penanggung jawab), tempat terbit, nama penerbit dan tahun terbit. Selain itu informasi tentang jumlah eksemplar dan kondisi bahan apakah sedang dipinjam atau tidak juga dapat di lihat pada katalog OPAC (Online Public Access Catalog).

Layanan Foto Copy
Perpustakaan menyediakan layanan fotocopy untuk koleksi umum, referensi, skripsi, tesis, dan disertasi. Adapun kebijakan layanan foto copy pada Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu:
Anggota Perpustakaan
  • Mengisi formulir yang sudah disediakan (diisi dengan lengkap/data bibliography koleksi). 
  • Maksimal 4 (empat) koleksi per orang. 
  • Meninggalkan KTM sebagai jaminan atau identitas lain. 
  • Memfotocopy koleksi tidak lebih dari 1 (satu)  jam dan dipersilahkan untuk fotocopy diluar perpustakaan. 
  • Keterlambatan pengembalian melebihi jam dikenakan denda Rp.500/jam/koleksi.
Pemustaka Umum
  • Mengisi formulir yang sudah disediakan (diisi dengan lengkap/data bibliography koleksi). 
  • Maksimal 4 (empat) koleksi per orang. 
  • Meninggalkan KTM sebagai jaminan atau identitas lain. 
  • Memfotocopy koleksi tidak lebih dari 1 (satu)  jam dan dipersilahkan untuk fotocopy diluar perpustakaan. 
  • Keterlambatan pengembalian melebihi jam dikenakan denda Rp.500/jam/koleksi. 
  • Biaya pemeliharaan bahan pustaka Rp.2000/koleksi.

Layanan Bebas Pustaka
Setiap mahasiswa UIN Program S1, S2, dan S3 yang telah menyelesaikan studi diwajibkan mengurus Surat Keterangan Bebas Pinjam Bahan Pustaka dari Pusat Perpustakaan sebagai salah satu persyaratan pengambilan ijazah. Adapun kebijakan layanan bebas pustaka pada Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu:
Bagian Pengadaan
  • Mengisi buku besar inventaris koleksi karya akademik. 
  • Menyerahkan Karya ilmiah dalam bentuk Hardcover yang telah ditandasahkan oleh pejabat yang berwenang. 
  • Menyerahkan 1 (satu) keping CD lengkap dengan label dan covernya. 
    1. File karya ilmiah dalam bentuk 1 file PDF.
    2. Isi file mulai dari halaman judul sampai dengan lampiran-lampiran 
    3. Scan lembar pengesahan dan persetujuan yang sudah ditandasahkan
  • Mengisi form bukti penyerahan skripsi/tesis/disertasi dan disetujui petugas bagian pengadaan.
Bagian IT dan Otomasi
  • Memverifikasi data peminjaman anggota di bagian otomasi. 
  • Pastikan anda tidak memiliki pinjaman koleksi dan tunggakan denda. 
  • Jika masih memiliki pinjaman/tunggakan denda, selesaikan di bagian Sirkulasi. 
  • Mengembalikan kartu anggota perpustakaan. 
  • Mengisi buku verifikasi keanggotaan. 
  • Petugas menyetujui form bukti peminjaman dan tunggakan denda.
Bagian Tata Usaha
  • Mengisi buku besar bebas bahan pustaka. 
  • Membayar biaya administrasi Rp.5000 dan sumbangan sukarela. 
  • Menyumbangkan buku baru yang relevan dengan kebutuhan perpustakaan. 
  • Mendapatkan Surat Bebas Pustaka.

Layanan Close Circuit Television (CCTV)
Pusat Perpustakaan UIN melayani tracking kehilangan yang terjadi di perpustakaan melalui fasilitas CCTV. Bagi petugas yang menemukan atau menerima barang yang hilang akan menginformasikannya pada saat yang sama. petugas akan menyimpan barang yang tidak diambil kurang lebih selama 6 bulan. Pusat perpustakaan melayani tracking CCTV, hanya sebatas pada review video, tidak ada penggantian kehilangan barang di perpustakan. untuk itu hati-hati terhadap barang-barang berharga merupakan upaya meminimalisir kehilangan. Adapun kebijakan layanan CCTV pada Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu:
  • Melaporkan kepada petugas lobi perihal kehilangan. 
  • Menunjukkan KTM atau identitas yang lain. 
  • Memberikan informasi yang valid (waktu dan kejadian). 
  • Petugas melakukan tindakan pengamanan (jika masih dapat ditelusuri).

Waktu Pelayanan
PUUINJKT6
Photo Source : perpus.uinjkt.ac.id

Jika kalian masih penasaran dengan kegiatan, berita, dan informasi lainnya tentang Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, kalian bisa saja langsung mengunjungi laman web perpustakaan dan click disiniPusat Perpustakaan UIN Jakarta.

Comments

  1. Perpus uin memang melayani pengguna secara prima👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo seringsering berkunjung ke perpus uin😁

      Delete
  2. Replies
    1. Iyaa kak betul banget! Jadi betah deh ya ke perpus utama UIN Jakarta😉

      Delete
  3. Replies
    1. Wahhh kakaknya pasti betah deh secara pelayanan perpus utama uin jakarta memang memuaskan😊

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masker Alami Untuk Atasi ‘Jutaan’ Masalah Kulit di Wajah!

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), Perpustakaan Umum Tersembunyi di Pusat Kota!