Pentingnya E-Journal pada Setiap Perguruan Tinggi di Indonesia!


Selama ini hasil karya penelitian ilmiah baik dari dosen maupun mahasiswa di Perguruan Tinggi (PT) baik Negeri maupun Swasta di Indonesia yang masih belum terakomodir dan masih terkumpul dalam jurnal manual harus segera diubah. Jurnal yang dimiliki setiap Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia harus diganti dari jurnal manual menjadi jurnal elektronik atau biasa disebut dengan ‘E-Journal’. Hal ini menjadi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah pada suatu Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia.
EJournals
Photo Source : grademiners.com

Jadi apa sih E-Journal itu? Mari kita bahas pemahamannya terlebih dahulu! E-Journal merupakan representasi elektronik sederhana dari sebuah jurnal. Dalam kamus Ensiklopedi Ilmu Perpustakaan dan Informasi mendefinisikan sebuah jurnal sebagai "Catatan proses atau transaksi dari masyarakat terpelajar”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa E-Journal merupakan penerbitan artikel-artikel ilmiah dalam suatu jurnal ilmiah ber-ISSN (International Standard Serial Number) yang dilakukan oleh suatu institusi melalui media elektronik (paperless), dan disebarkan kepada atau bisa diakses oleh seluruh audiens pembaca melalui portal internet yang tersedia. Adapun manfaat dari E-Journal baik bagi pengelola maupun bagi penulis, diantanya adalah: 
Bagi Pengelola :
  1. Proses penerbitan lebih cepat
  2. Biaya penerbitan dan pengelolaan lebih murah
  3. Distribusi lebih cepat dan murah
  4. Memudahkan mendapat sponsor/hibah
  5. Jurnal dikenal luas oleh komunitas akademik, industri dan lainnya
Bagi Penulis :
  1. Kepastian artikel diterima/tidak lebih cepat
  2. Diseminasi pemikiran atau hasil temuan penulis ke audiens pembaca lebih cepat dan meluas
  3. Lebih banyak audiens pembacanya
  4. Penulis dikenal luas, semakin bermanfaat bagi sesama
  5. Dapat mendatang “berkah ekonomi” (Gaining Finding)
  6. Meningkatkan jabatan fungsional dan karir akademik

EJournals1
Photo Source : 123rf.com

Dengan adanya kesadaran akan manfaat dari penggunaan E-Journal yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah pada suatu Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia, maka Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta juga telah memilki E-Journal-nya sendiri loh... Saat ini terdaftar sekitar 60 jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas/Jurusan/Prodi/Unit yang ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Jumlah itu merupakan potensi yang sangat besar untuk menaikkan citra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di masyarakat. Namun sangat disayangkan bahwa sebagian besar jurnal yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hanya dikenal oleh lingkungan internal saja.
e-journal
Photo Source : journal.uinjkt.ac.id

Portal E-Journal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu fasilitas yang dibuat untuk menampung dan mempublikasikan jurnal-jurnal yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta agar dikenal luas oleh khalayak ramai yang nantinya diharapkan dapat menaikkan status jurnal yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk terakreditasi. Beberapa daftar jurnal yang terlah dimilki oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, diantaranya : JOURNAL OF LEGAL RESEARCH, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, MEDICA ISLAMICA, MIMBAR, EDUSAINS, AL-MAKTABAH, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalian bisa langsung aja kunjungi laman web dari E-Journal Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta di link berikut ini E-Journal UIN Jakarta.

Comments

  1. Play Slots Online | Dr.MD
    Discover the best free slots 문경 출장샵 and 포천 출장안마 casino games at Dr.MD. Play your favorite slot machines from the comfort of your 안양 출장샵 own home or office. 익산 출장샵 No 고양 출장마사지 download required.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masker Alami Untuk Atasi ‘Jutaan’ Masalah Kulit di Wajah!

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), Perpustakaan Umum Tersembunyi di Pusat Kota!

Layanan di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Membuat Para Pengunjung Senang!