Main-Main Yuk ke Kampung Teletubbies di Yogyakarta!


Semakin banyak tempat wisata di Indonesia yang saling unjuk gigi menunjukkan keunikannya, mulai dari teknologi, budaya, dan agrowisata. Seperti halnya kota Yogyakarta yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memilki berbagai macam tempat wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, edukasi, dan masih banyak lainnya. Kalian masih ingat gak sih sama serial kartun Teletubbies? Tentunya masih ingat bukan? Ada Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po, 4 boneka lucu berwarna ungu, merah, hijau, dan kuning yang dilengkapi tabung televisi di perut mereka. Nah kalian pasti tau dong tempat tinggal mereka yang bentuknya unik banget yang berbentuk separuh bola atau dome.
dome
Photo Source: idntimes.com
Kampung unik ini sebenarnya bernama Kampung Ngelepen namun banyak orang yang lebih mengenalnya dengan Kampung Teletubbies karena rumah-rumahnya yang berbentuk seperti rumah Teletubbies atau biasa juga disebut dengan Kompleks Rumah Dome. Terletak di Dusun Sengir, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, kini kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. 
dome1
Photo Source: idntimes.com
Kampung wisata Teletubbies ada sejak tahun 2008 lalu, pada awalnya rumah tersebut merupakan bantuan dari Domes For The World, lembaga nirlaba dari Amerika Serikat, dan donatur perorangan dari Arab Saudi tahun 2006 pasca gempa yang menimpa Yogyakarta. Rumah dome ini unik banget dalam bentuknya karena memiliki konsep tahan akan gempa, sehingga warga yang tinggal di dalamnya diharapkan akan aman dari bencana gempa bumi lainnya yang dimungkinkan terjadi di kemudian hari. Dari laman situs The Dome For The World Foundation, ternyata rumah dome hanya ada di 5 negara saja, yaitu Indonesia, India, Belize, Haiti, dan Etiopia.
dome2
Photo Source: rappler.com
Untuk mengingat kembali pada masa saat kita kecil akan keceriaan pada serial kartun Teletubbies, kita bisa loh langsung saja berkunjung ke Kampung Teletubbies cukup dengan Rp5.000/orang kita udah bisa masuk ke tempat wisata ini, akan tetapi bila ingin lebih merasakan sensasi rumah dome kita bisa juga menginap hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp200.000/orang untuk satu malamnya harga tersebut sudah termasuk paket makan pagi, jalan-jalan, dan juga pentas hiburan jathilan yang disuguhkan oleh warga setempat, sementara apabila ingin menikmati paket outbound, bagi anak-anak harus membayar sekitar Rp20.000/orang dan untuk orang dewasa, bisa di negosiasikan dengan pengelola karena tarif yang dikenakan mengikuti jenis outbound yang akan diikuti, cukup murah bukannn???
dome3
Photo Source: idntimes.com
Rumah yang ada di kampung Teletubbies berjumlah 80 bangunan rumah yang serupa bentuknya dan bercat warna-warni, terdiri atas 2 lantai dengan diameter 7 meter dan ketinggian puncak sekitar 4 meter. Rumah ini memiliki 4 ruang masing-masing dengan 2 kamar tidur, 1 kamar tamu, dapur dan juga kamar mandi, namun Karena ukurannya yang terlalu kecil beberapa keluarga terpaksa membangun rumah tambahan. Pada Kompleks Rumah Dome ini kita gaperlu khawatir gimana akan fasilitasnya, disini mereka juga memiliki berbagai macam fasilitas yang lengkap lohh, seperti kamar mandi, Masjid, Taman Kana-Kanak, dan balai pertemuan serta Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes), bila anda ingin nyemalnyemil cantik karna lapar juga ada juga loh tempat makan dan warung yang tersedia disini, dan apabila ingin membeli oleh-oleh untuk orang terkasih dirumah disini juga ada toko souvenir loh. 
dome4
Photo Source: idntimes.com

Comments

  1. Replies
    1. Di Dusun Sengir, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta kak hayuk main yuk:)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masker Alami Untuk Atasi ‘Jutaan’ Masalah Kulit di Wajah!

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), Perpustakaan Umum Tersembunyi di Pusat Kota!

Layanan di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Membuat Para Pengunjung Senang!