Perpustakaan Anak “Zaman Now”, Tempat Edukasi Menyenangkan Untuk Si Kecil!


Membaca merupakan kebutuhan setiap individu. Tidak peduli apakah itu orang dewasa maupun anak-anak. Karena dengan gemar membaca, maka akan ada banyak sekali informasi yang diperoleh. Menumbuhkan gemar membaca pada anak tidak lah mudah. Dengan terus berkembangnya dunia digital yang semakin pesat memberikan banyak perubahan di berbagai sisi kehidupan. Salah satu contoh nyatanya adalah semakin banyaknya kemunculan gadget dengan memberikan kemudahan untuk menonton video atau memainkan game di dunia maya, sehingga banyak memberikan dampak pada minat baca anak terhadap buku. Sekarang ini buku hanya bisa menjadi hal yang membosankan bagi anak sehingga mereka cenderung memilih gadget yang dianggap jauh lebih meng-asyikkan. Padahal, setiap orang tua tentu menginginkan anaknya untuk gemar membaca serta menjadi anak yang pintar. Nah, sekarang ngga perlu lagi deh memiliki kekhawatiran akan susahnya membiasakan anak untuk gemar membaca! Karena apa? Sudah banyak sekali tempat rekreasi ramah anak yang menyediakan fasilitas edukatif bagi anak-anak, salah satu contonya adalah perpustakaan fun untuk anak-anak. Yap, sekarang aku mau kasih tau ke kalian semua tentang perpustakaan anak “zaman now”, tempat edukasi yang menyenangkan untuk si kecil di daerah Jakarta Selatan!
RimbaBaca
Photo Source: LiburanAnak.com

Dari penampakan gambar di atas apa sih yang bisa kalian lihat? Hmm... Bangku warna warni? Buku warna warni yang tertata rapih pada rak buku? Sofa anak-anak dengan warna-warna ceria? Mainan anak-anak yang tergeletak di setiap sudut ruangan? Atau dekorasi ruangan yang terasa menyenangkan? Ah... kalau lihat gambar di atas rasanya jadi seperti ingin kembali ke masa anak-anak, tapi kira-kira bisa tidak yah? Oh, Dont Worry! Tentu saja bisa, kita dapat menjumpainya di Rimba Baca, perpustakaan ramah anak yang berlokasi di sebuah komplek perumahan tepatnya berada di Jalan Intan RSPP, Cilandak, Jakarta Selatan. Jam operasional pada Rimba Baca dibuka setiap hari tepatnya weekdays pada pukul 10:00 - 17:00 WIB dan di weekend pada pukul 10:00 – 19:00 WIB. Such a wonderful place for kids! Sebetulnya Rimba Baca bukan hanya diperuntukan untuk anak-anak saja loh, akan tetapi orang dewasa juga bisa menikmatinya terutama untuk para mommy dan daddy selain bisa mengawasi anak-anaknya untuk bermain dan belajar, juga bisa loh menikmati fasilitas dan layanan yang disediakan oleh Rimba Baca.
RimbaBaca1
Photo Source: mom.isnuansa.com

Bangunan pada Rimba Baca sendiri memiliki dua (2) lantai, diantaranya lantai pertama menyediakan layanan koleksi buku anak-anak yang sudah dikategorikan mulai dari umur 0-3 tahun, 4-8 tahun, dan 9-12 tahun. Koleksi bukunya tersedia dalam berbagai bahasa, diantaranya berbahasa Indonesia, Inggris, Thailand, Jepang, bahkan Arab. Selain buku-buku yang menarik, terdapat pula boneka dan mainan yang membuat anak-anak semakin senang untuk berlama-lama di perpustakaan. Lantai kedua diperuntukkan bagi orang dewasa, dengan memiliki banyak koleksi novel, buku resep, komik, encyclopedia, parenting books, biography, chic flicks dan masih banyak lagi. Selain koleksi yang menarik dan ruang baca yang sangat nyaman, di Rimba Baca juga terdapat fasilitas pendukung seperti komputer, wi-fi, snack corner, dan activity corner yang membuat aktivitas membaca menjadi lebih seru. Selain tempat membaca, Rimba Baca juga dilengkapi tempat mewarnai yang telah disediakan kertas, dan krayon warna-warni. Terdapat juga dua kamar mandi diatas dan dibawah yang cukup bersih. Tempat yang tepat untuk spend quality time dengan anak-anak atau mengajak sesama ibu-ibu untuk playdate.
RimbaBaca2
Photo Source: mom.isnuansa.com

Untuk dapat menikmati berbagai fasilitas yang Rimba Baca sediakan, pengunjung cukup dikenakan biaya Rp30.000 per kunjungan. Akan tetapi jka ingin mendaftar menjadi anggota dari Rimba Baca mommy dan daddy cukup mendaftar dengan biaya sebesar Rp350.000 per tahun, dengan fasilitas mommy dan daddy dapat meminjam buku dan bisa dibawa pulang dengan maksimal 5 buku dalam waktu seminggu. Pada hari-hari tertentu dan saat libur sekolah, Rimba Baca juga menawarkan berbagai aktivitas untuk anak-anak seperti story telling, clay class, yoga class dan masih banyak lagi aktivitas menarik lainnya. Nah sekarang aku mau kasih tips nih bila kalian ingin berkunjung ke Rimba Baca, diantaranya:  

  • Saat ini Rimba Baca belum menyediakan sarana kafetaria, namun mereka menjual minuman ringan dan snack. Oleh karena itu ada baiknya bila sebelum berkunjung ke Rimba Baca anak-anak sudah makan terlebih dahulu atau membawa makanan sendiri dari rumah. 
  • Lokasi Rimba Baca ada di Perumahan RSPP Cilandak (di belakang Rumah Sakit Fatmawati). Paling mudah masuk melalui Jalan TB Simatupang ke arah RS Fatmawati. Setelah lampu merah Ragunan, lurus terus sampai ketemu Pom Besin Shell. Tak jauh dari Pom Bensin Shell , ada belokan ke kiri, maka beloklah dan lurus terus sampai ketemu tulisan Komplek RSPP. Jalan terus dan sambil lihat-lihat bangunan Rimba Baca ada di sisi kanan jalan berupa rumah 2 tingkat dengan poster “Perpustakaan Anak Rimba Baca”  

Terdapat pula fasilitas yang didapatkan bagi anggota Rimba Baca adalah:
  • Bisa berkunjung, membaca, melakukan Art and Craft, menggunakan semua fasilitas (termasuk wi-fi) di Rimba Baca kapan saja dan sepuasnya 
  • Bisa meminjam buku maksimal 5 buku setiap minggunya (tanpa dikenakan biaya sewa tambahan/sudah termasuk dalam biaya tahunan) 
  • Bila telat mengembalikan buku akan dikenakan denda Rp5.000/buku/hari. Untuk mencegah denda yang terlalu besar, bila mommy dan daddy memang belum sempat mengembalikan, ada baiknya untuk menelpon ke Rimba Baca untuk minta proses peminjaman ulang/perpanjangan waktu meminjam (sehingga tidak dikenakan denda per hari)
RimbaBaca3
Photo Source: moeslema.com

Di Rimba Baca pun juga memiliki peraturan membaca diantaranya adalah: 
  • Sebelum masuk, semua  tas, kantong dll harus dititipkan oleh Petugas Rimba Baca. Yang boleh  dibawa ke ruang baca hanya barang-barang berharga saja seperti handphone, dompet, laptop dan sebagainya 
  • Pengunjung anak-anak tidak diperkenankan untuk makan dan minum saat di ruang baca. Untuk makan dan minum, Rimba Baca telah menyediakan ruangan khusus untuk kegiatan selain membaca. Di ruangan ini juga tersedia tempat tidur kecil yang dapat digunakan untuk mengganti popok, menyusui maupun anak-anak yang ingin tidur siang  
  • Karena Rimba Baca merupakan perpustakaan, maka sebaiknya para orang tua telah memberitahukan kepada anak-anaknya untuk tidak terlalu ribut karena akan menganggu pengunjung lainnya yang sedang membaca. Dan alangkah baiknya bila kita juga membiasakan anak-anak kita untuk merapihkan dan mengembalikan buku-buku yang telah mereka baca ke tempat yang telah disediakan 
Demikian beberapa ulasan singkat tentang Rimba Baca, perpustakaan anak “zaman now” sebagai tempat edukasi yang menyenangkan untuk si kecil dan sebagai sarana alternatif untuk liburan si kecil. Overall, tempat ini sangat recommended and worth a visit! Budayakan membaca untuk anak, karena buku adalah jendela dunia.

Rate                : Recommended

Adress             : Jl RSPP No.21B Cilandak, Jakarta Selatan

Phone              : 021-7664517

Email               : rimba.baca@gmail.com

Website           : www.rimbabaca.com

Opening hours  : 10.00 - 17.00 (weekend until 19.00)

Instagram         : @rimbabaca

Price                : Rp30.000/visit & Rp350.000/year

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masker Alami Untuk Atasi ‘Jutaan’ Masalah Kulit di Wajah!

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), Perpustakaan Umum Tersembunyi di Pusat Kota!

Layanan di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Membuat Para Pengunjung Senang!