Mengapa Perguruan Tinggi Harus Memiliki Sistem Informasi Akademik yang Terintegrasi?


Perguruan Tinggi di Indonesia terbagi atas Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang dibagi dalam beberapa kategori antara lain akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas. Jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang cukup besar tentunya harus memiliki kualitas yang baik agar dapat menunjang kegiatan perkuliahan bagi para mahasiswa, dosen, maupun staff atau seluruh sivitas akademika di lingkup perguruan tinggi tersebut. Salah satu caranya dengan menggunakan sistem pengolahan data yang baik. Seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia mulai berbenah dalam pengolahan data dan pelayanan akademiknya. Sebagian besar sudah menggunakan Sistem Informasi Akademik berbasis digital elektronik dengan pertimbangan efektifitas dan efisiensi penanganan datanya. Sistem Informasi Akademik memberikan kemudahan dalam penanganan data – data mahasiswa dengan kelebihan fast access, low cost dan paperless.

FAH1
Photo Source : blog.gamatechno.com

Sistem Informasi Akademik merupakan suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data akademik dengan penerapan teknologi komputer baik hardware maupun software sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi dan pengambilan keputusan-keputusan bagi pengambil keputusan atau top manajemen di lingkungan perguruan tinggi.Sistem ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Nah, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga punya nih Sistem Informasi Akademik yang bernama Puskominfo FAH atau Pusat Komunikasi dan Informasi Fakultas Adab dan Humaniora.

FAH
Photo Source : fah.uinjkt.ac.id

Jadi apa sih Puskominfo FAH itu? Nihh aku jelasin yah... Pada awalnya Puskominfo FAH itu bernama FAHIM Center, atau Faculty of Adab and Humanities Information Management Center. Lembaga ini adalah organisasi non-struktural di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berperan membantu melakukan transformasi manajemen kelembagaan FAH menuju e-Faculty sebagai prototipe fakultas masa depan. Selain itu juga, fungsi dari Puskominfo FAH adalah menjadi bagian integral dari FAH yang berfungsi membangun sistem interaksi dan integrasi yang ditujukan pada users dan stakeholders demi pengembangan FAH ke depan. Dan diharapkan kehadiran Puskominfo FAH  dapat menjadi pendukung yang memudahkan dan mencerahkan aktifitas seluruh sivitas akademika di lingkungan FAH. Puskominfo FAH ternyata memilki filosofinya tersendiri loh.. apa saja sih? Filosofi dari Puskominfo FAH diantaranya adalah :
  • Berbasis pada transformasi kominikasi dan informasi yang menempatkan manusia sebagai subyek perubahan. 
  • Menempatkan teknologi informasi sebagai media komunikasi, informasi dan pelayanan, demi menghilangkan hambatan dalam berkomunikasi dengan FAH. 
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelayanan administrasi kampus secara efisien, guna menambah kualitas pelayanan bagi civitas akademika dan masyarakat. 
  • Membangun atmosfer intelektual yang lebih komunikatif dan interaktif. 
  • Meningkatkan akselerasi dan diseminasi informasi yang lebih luas, terarah, dan berkesinambungan.
Dari filosofi tersebut maka Puskominfo FAH (Fakultas Adab dan Humaniora) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memilki beberapa tugas pokok penting, diantaranya adalah:
  • Diarahkan untuk mendukung sosialisasi dan promosi FAH-UIN Jakarta. 
  • Mengolah data-data internal FAH untuk pengembangan Fakultas dan Universitas. 
  • Menjadi mitra kerja bagi seluruh sivitas akademika; dan membantu pengolahan data mentah yang diperoleh dari staf Tenaga Kependidikan FAH. 
  • Sebagai lembaga semi-otonom FAH yang berfungsi sebagai hubungan masyarakat dalam rangka peningkatan kinerja dan progres FAH ke depan. Menerbitkan Buletin FAH yang berisi tentang berita seputar FAH UIN Jakarta.
FAH2
Photo Source : dahlanrais.blogspot.com

Selain memilki filosofi dan tugas pokok pentingnya sendiri, Puskominfo FAH (Fakultas Adab dan Humaniora) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tentunya juga memiliki target capaian dari kegiatan yang mereka telah laksanakan. Jadi apa saja sih target capaian Puskominfo FAH? Ayo disimak baik-baik yah target capaian Puskominfo FAH dibawah ini, yaitu :
  • Tahap pertama: Web Presence, yakni menyiapkan website resmi FAH sebagai media untuk menghimpun dan menampilkan informasi dasar yang dibutuhkan. 
  • Tahap Kedua: Interaction, yakni menyediakan fitur-fitur serta fasilitas interaksi dan komunikasi dengan civitas akademika berbasis web dan email. 
  • Tahap Ketiga: Transaction, yakni mulai menerapkan semua transaksi pelayanan formulir dan dokumen lain yang dibutuhkan civitas akademika secara online. 
  • Tahap Keempat: Transformation. Pada tahap ini, pelayanan di FAH dilakukan secara terintegrasi serta berbasis teknologi dan informasi.
Untuk mencapai target kegiatan dari Puskominfo FAH tentunya tidak lepas dari usaha dan kerja keras orang-orang dibalik layar yang telah berperan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tentunya berpedoman pada filosofi yang dimilki oleh Puskominfo FAH. Jadi siapa saja sih tim Puskominfo FAH? Yuk kita ketauhi dulu asal mula dari Puskominfo FAH dan kenalan sama orang-orang penting di balik layar Puskominfo FAH. Pada awal Puskominfo FAH lahir di bulan Juni 2014, ketika masih bernama FAHIM Center dikelola oleh sebuah Tim di bawah kordinasi Dr. Halid, M.Ag, dengan Sekretaris Ade Abdul Hak, S.Ag, SS, M.Hum, dan beberapa anggota lainnya. Tim ini berhasil merumuskan dan melahirkan konsep desain web FAH yang sekarang terus aktif dengan berbagai fitur tambahan. Kemudian, dalam tahun berikutnya, sehubungan dengan perubahan manajemen Fakultas, maka tahun 2015 nama FAHIM Center berubah menjadi Puskominfo FAH. Pengelolaannya lebih banyak dilakukan oleh sukarelawan dari mahasiswa FAH yang memiliki minat serta gairah di bidang teknologi informasi dan komunikasi di bawah kordinasi Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Zubair, M.Ag. Berikut adalah susunan lengkap Tim Puskominfo FAH pada fase kedua:
Penanggung Jawab:
Dekan FAH : Prof. Dr. Sukron Kamil, M.A

Dewan Redaksi:
Dr. Zubair, M.Ag (Ketua)
Dr. R. Yani’ah Wardani,M.Ag (Anggota)
Dr. Muhammad Farkhan, M.Pd (Anggota)

Pemimpin Redaksi : 
Edy A. Efendy

Redaksi :
Muhammad Ali Al Habsyi
Usama Ibrahim
Annisa Piriani
Resty Yolanda
Fauziyah Kusumarini
Azmi Fadli
Misbahul Munir

Design Grafis:
Ahmad Jajuli

Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa langsung saja kunjungi laman web dari Puskominfo FAH (Fakultas Adab dan Humaniora) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di link berikut ini Puskominfo FAH dan jika kalian memerlukan bantuan baik informasi maupun layanan kalian bisa langsung saja menghubungi kontak dari Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dibawah ini :
☎ : +62 21 22741771
📠 : +62 21 22741622

Comments

Popular posts from this blog

Masker Alami Untuk Atasi ‘Jutaan’ Masalah Kulit di Wajah!

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), Perpustakaan Umum Tersembunyi di Pusat Kota!

Layanan di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Membuat Para Pengunjung Senang!