LAYANAN DEPOSIT SKRIPSI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN JAKARTA

Perpustaakaan Fakultas Adab dan Humaniora merupakan perpustakaan yang berada di bawah naungan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora telah menggunakan sistem otomasi perpustakaan, dimana semua jenis layanan teknis dan layanan pemustaka seperti input data, katalogisasi, pencarian, peminjaman, dan pengembalian sudah berbasis komputer. Seperti halnya perpustakaan lain, kegiatan layanan di perpustakaan dapat di bagi menjadi dua bagian, yaitu layanan teknis dan layanan pemustaka.

Salah satu layanan yang terdapat pada Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora adalah layanan deposit. Layanan deposit di perpustakaan perguruan tinggi biasanya dilakukan dengan cara mewajibkan seluruh civitas akademikanya, terutama dosen dan mahasiswa untuk menyerahkan seluruh hasil karya ilmiahnya. Mahasiswa diwajibkan untuk menyerahkan skripsi baik tercetak maupun digital ke perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas. Adapun kebijakan layanan deposit skripsi pada Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, diantaranya yaitu penyerahan skripsi, pengolahan skripsi, dan peminjaman skripsi.

Repository UIN Jakarta

Penelitian ini ditulis oleh salah satu dosen Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang layanan deposit skripsi di perpustakan Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini diantaranya adalah kepala perpustakaan, petugas perpustakaan, para pemustaka dan pimpinan fakultas. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan dalam 3 permasalahan utama, yaitu: bagaimana kebijakan layanan deposit skripsi di perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, kendala apa saja yang terjadi dalam proses layanan deposit skripsi di perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan layanan deposit skripsi di perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora. 

Penelitian menunjukan bahwa layanan deposit skripsi di perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora sudah dapat dilaksanakan, namun masih terdapat beberapa kekurangan atau kendala. Namun, perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora telah melakukan berbagai upaya untuk menghadapi permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini juga disertai beberapa saran sebuah usulan untuk meningkatan layanan deposit skripsi pada perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh Parhan Hidayat ini sudah ter-input pada Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan dapat diakses serta di download pada link berikut LAYANAN DEPOSIT SKRIPSI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN JAKARTA.

Repository Parhan Hidayat

Comments

  1. The most enduring symbol of the Norse - titanium arts
    메이저 토토 사이트 tj-metal-arts › tj-metal-arts The most enduring symbol of the Norse - titanium 도레미시디 출장샵 arts 출장샵 · The most enduring symbol of the titanium ring Norse - titanium arts · The most enduring 하랑 도메인 symbol of the Norse - titanium arts.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masker Alami Untuk Atasi ‘Jutaan’ Masalah Kulit di Wajah!

ASEAN Secretariat Resource Centre (ARC), Perpustakaan Umum Tersembunyi di Pusat Kota!

Layanan di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Membuat Para Pengunjung Senang!